SEJARAH HARI GURU NASIONAL

Sekarang tanggal 25 November loh, ada hari apa ya kira-kira? Yapp betul hari guru nasional. Tapi apa sih yang dimaksud hari guru itu? Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Dan di negara kita Indonesia, hari guru di peringati pada 25 November.

Sejarah hari guru nasional pun berkaitan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). PGRI sendiri berdiri pada 25 November 1945. Dirangkum dari laman resmi PGRI, pada 1912 guru-guru pribumi pada zaman Belanda mendirikan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) sebagai ajang perjuangan. Organisasi ini bersifat unitaristik yang anggotanya terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah. Dengan latar pendidikan yang berbeda-beda mereka umumnya bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua. Hingga pada tahun 1994, hari guru nasional resmi diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan hari guru nasional ini juga untuk mengenang perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Nah secara singkat ini adalah sejarah dilahirkannya Hari Guru Nasional yaa.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Biasanya dibeberapa sekolah diadakan upacara, perlombaan antara siswa dengan gurunya untuk memperingati Hari nasional ini. Ada juga yang diliburkan untuk hari ini. Tapi selain hal tersebut, kita juga bisa mengucapkan hari guru kepada guru kita yang ada di sekolah loh. Kira-kira siapa si yang jadi orang pertama yang akan mendapat ucapan hari guru dari kalian?. Eits bukan hanya ucapan saja, kita juga bisa menunjukkan kasih sayang kita kepada guru serta rasa terimakasih kita dengan berbuat baik kepada guru dan teman-teman semua. Maka jangan lupa ya kita ucapkan selamat hari guru kepada semua guru yang kita sayangi. Karena jika tanpa guru, kita tidak bisa mengetahui dan mempelajari apa yang sudah kita dapat hari ini. Khususnya tentang dunia yang begitu luas untuk kita.

Selamat Hari Guru Nasional.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *