Hari Ayah Nasional

Sekarang tanggal 12 November loh, ada apa ya hari ini?. Tentunya Selamat Hari Ayah Nasional! Sudah ucapkan kalimat tersebut kepada Ayah?

Jika belum, kamu bisa mengucapkannya dengan cara unik kreasimu sendiri. Tapi apakah sudah tahu belum sejarah hari ayah nasional?

Sejarahnya yaitu ketika sedang melakukan pertemuan untuk merayakan Hari Ibu yang dilakukan oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo (PPIP). Hari Ayah pun tercipta atas ide gagasan dari sebuah pertanyaan peserta Lomba Menulis Surat untuk Ibu dimana acara tersebut sangat meriah. Para peserta lomba banyak yang bertanya, mengapa ada Hari Ibu tapi tidak ada Hari Ayah?

BACA JUGA : PPDB TK SUMBANGSIH DUREN BANGKA

Pertanyaan dan ide tersebut akhirnya didiskusikan oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo. Mengingat peran Ayah sama pentingnya dengan peran Ibu di dalam keluarga. PPIP pun kemudian melakukan audiensi ke DPRD Surakarta menyusun agenda peringatan Hari Ayah di Indonesia. Setelah melakukan audensi, pada 12 November 2006, PPIP melakukan deklarasi di depan banyak pihak. Deklarasi tersebut disampaikan oleh Ketua PPIP yang bernama Bapak Gress Raja. “Bapak dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kita butuh keduanya sebagai keseimbangan kesadaran kita sebagai anak,” jelas Bapak Raja.

Tepat pada tanggal 12 November diresmikan sebagai Hari Ayah Nasional untuk mengingat peran Bapak dalam keluarga. Seusai deklarasi dilakukan, ada prosesi sungkeman kepada bapak yang membuat banyak hadirin menitikkan air mata.Piagam deklarasi Hari Ayah Nasional dan buku Kenangan Ayah juga dikirim kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Serta bupati di empat penjuru Indonesia, yakni di Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. Peristiwa ini pun menjadi tonggak sejarah penetapan Hari Ayah Nasional, dengan peringatan dilakukan setiap 12 November.

Begitu ya sejarahnya. Harus ingat dan paham akan sejarahnya, karna Ayah atau pun Ibu sama-sama pentingnya bagi kita. Mereka orang tua yang sudah menyayangi dan membesarkan kita loh. Nah tentunya kita juga harus menyayangi dan menghormati orang tua. Yuk ucapkan Selamat Hari Ayah sesuai kreasi dan keinginan kalian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *