Sekolah Hijau

Gagasan membangun sekolah hijau (green school) di Indonesia bertitik tolak pada pemikiran dan  kesadaran kita, bahwa sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan merupakan wadah yang tepat  untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta pada alam dan lingkungan. Sekolah dianggap  mampu untuk memberikan pendidikan lingkungan hidup sejak dini kepada peserta didik, membangun  pola berpikir (mindset) pada semua warga sekolah tentang pelestarian alam dan lingkungan, serta  menggembleng peserta didik yang kelak akan menjadi agen perubahan (change of agent) pelestarian  alam dan lingkungan.

Lingkungan sehat dalam sekolah akan sangat mendukung tercapainya generasi hebat, cerdas, sehat dan berkualitas. Menciptakan lingkungan yang sehat pada sekolah salah satu caranya dengan menciptakan sekolah hijau atau green school. Green school bukan hanya tampilan fisik sekolah yang hijau atau rindang saja. Ini merupakan wujud sekolah yang memiliki program dan aktivitas pendidikan yang mengarah pada kesadaran dan kearifan terhadap lingkungan hidup. Selain itu, harus memiliki komitmen dan secara sistematis mengembangkan program-program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktivitas sekolah.

 

BACA JUGA : PPDB TK SUMBANGSIH DUREN BANGKA

 

 

Suasana Parkiran TK Sumbangsih Duren Bangka

TK Sumbangsih Duren Bangka yang beralamat di Jl. Duren Bangka No.36, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, juga telah menerapkan pembangunan sekolah hijau. Hal ini bertujuan untuk memupuk rasa melestarikan pada siswa siswi sekolah tersebut untuk menjaga dan melindungi tanaman dan lingkungan hijau tersebut. Bukan hanya itu tanaman hijau di sekolah dapat memproduksi oksigen yang lebih baik, dimana oksigen yang baik dapat memperlancar siklus darah yang lebih baik serta menjaga kesehatan lainnya.

Suasana TK Sumbangsih Duren Bangka

Suasana yang baik juga menunjang proses pembelajaran yang baik. Tanpa ada polusi udara dan polusi lainnya yang dapat mengganggu proses belajar anak-anak. Disamping itu taman hijau sekolah juga dapat berfungsi sebagai tempat bermain siswa dan anak-anak dengan merangkap pembelajaran yang secara tidak langsung untuk mengenali berbagai macam tumbuhan dan memahami bagaimana proses pelestarian dan pertumbuhan flora yang ada di taman hijau sekolah. Maka dari itu pembangunan sekolah hijau tidak dapat dihiraukan. Dasar pembelajaran yang baik akan mendorong pembelajaran yang baik pada tahap selanjutnya. Ayok lestarikan sekolah hijau untuk sekarang dan masa depan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *